Analisis Sikap Mahasiswa Kepulauan Kabupaten Sumenep terhadap Penggunaan Microsoft Teams sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Authors

  • Devie Reztia Anjarani Universitas Madura
  • Yuliarsih
  • Chairul Fajar Tafrilyanto
  • Alan Wahyu Pratama Universitas Madura
  • Dewi Ikrimah Agustin Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7318

Keywords:

Pembelajaran Jarak jauh, Sikap, Ms Teams

Abstract

Universitas Terbuka merupakan satu-satunya PTN yang menjalakan pembelajaran dengan Program Jarak jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi terkait sikap mahasiswa terhadap pembelajaran dengan TUWEB menggunakan aplikasi Ms Teams. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa Universitas Terbuka pada daerah Kepulauan Kabupaten Sumenep. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan wawancara pada 12 mahasiswa dan satu pengurus Pokjar Kab. Sumenep. Hasilnya diperoleh bahwa sekitar 58.3% menyatakan Ms Teams menarik dan menyenangkan, 50% menyatakan Ms Teams membuat pembelajaran menjadi fleksibel dan 66.6% menyatakan Ms Teams dapat meningkatkan motivasi belajar. Terkait sikap negatif, 58.3% menyatakan mengalami kendala jaringan yang mempengaruhi kualitas suara dan gambar dari Ms Teams.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Anjarani, D. R., Yuliarsih, Tafrilyanto, C. F., Wahyu Pratama, A., & Ikrimah Agustin, D. (2024). Analisis Sikap Mahasiswa Kepulauan Kabupaten Sumenep terhadap Penggunaan Microsoft Teams sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5668–5676. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7318