Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Simulasi Beberan Terhadap Penguasaan Pengetahuan dan Sikap Pemenuhan Gizi Pada Ibu Hamil Desa Ngepung Kec. Patianrowo

Authors

  • Citra Ayu Dwi Setyo Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Sulandjari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7531

Keywords:

Ibu Hamil, Permainan Simulasi, Gizi Ibu Hamil, Gizi Ibu Menyusui, Pendidikan Gizi

Abstract

Pengetahuan dan sikap tentang pemenuhan gizi perlu dimiliki oleh ibu hamil untuk membentuk perilaku ibu dalam pemenuhan gizi baik untuk ibu maupun bayinya. Metode permainan simulasi beberan dalam pendidikan gizi dapat memberi kesempatan peserta berpartisipasi aktif dan memperoleh umpan balik terhadap tahapan belajar melalui fungsi masing-masing peran dalam permainan simulasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan beberan terhadap penguasaan pengetahuan dan perubahan sikap tentang gizi ibu hamil dan gizi ibu menyusui pada ibu hamil di Desa Ngepung, Kec. Patianrowo, Kab. Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperiment dengan desain pre-experimental one group pretest-postest. Sampel penelitian merupakan total sampling sebanyak 33 ibu hamil. Instrumen penelitian ini tediri dari lembar tes untuk mengukur penguasaan pengetahuan dan angket untuk mengukur sikap. Teknik analisis data pengetahuan ibu menggunakan Wilcoxon Signed Test, sedangkan untuk data sikap menggunakan Paired T-test.

Hasil rata-rata pengetahuan pada topik gizi ibu hamil 56,2 meningkat sebesar 31,1 menjadi 87,3. Rata rata pengetahuan topik bahasan gizi ibu menyusui 52,3 meningkat sebesar 33 menjadi 85,3. Skor sikap ibu hamil topik gizi ibu hamil adalah 72 meningkat sebesar 12 menjadi 84. Rata-rata skor topik gizi ibu menyusui adalah 74,79 meningkat sebesar 9,69 menjadi 84,48. Analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan metode permainan beberan terhadap penguasaan pengetahuan gizi dan adanya pengaruh signifikan penggunaan metode permainan beberan terhadap perubahan sikap gizi ibu hamil di Desa Ngepung, Kec. Patianrowo. Saran pada penelitian ini pendidikan gizi dengan metode permainan simulasi beberan dapat menjadi alternatif yang dapat selalu dikembangkan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil.

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Ningrum, C. A. D. S., & Sulandjari, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Simulasi Beberan Terhadap Penguasaan Pengetahuan dan Sikap Pemenuhan Gizi Pada Ibu Hamil Desa Ngepung Kec. Patianrowo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 469–480. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7531