Pengaruh Faktor Lingkungan dan Paparan Informasi terhadap Keputusan Penggunaan Pinjaman Online di Kalangan Remaja (Studi Kasus Mahasiswa Aktif STMA Trisakti)

Authors

  • Dinda Ayu Lestari Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
  • I Made Indra P Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
  • Fida Fathiyah Addini Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.2725

Keywords:

Environmental factors, Fintech, Information exposure, Online loans, Usage decisions

Abstract

Pada industri keuangan, perkembangan teknologi menimbulkan banyak inovasi baru, salah satunya adalah online peer to peer lending atau pinjaman online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan dan paparan informasi yang mempengaruhi keputusan penggunaan pinjaman online. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi dengan sampel 231 responden mahasiswa aktif STMA Trisakti. Variabel bebas yang digunakan adalah faktor lingkungan (X1) dan paparan informasi  (X2), variabel terikat yang digunakan yaitu keputusan penggunaan pinjaman online (Y). Hasil penelitian menunjukan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh terhadap variabel Y, baik secara parsial (sendiri) maupun simultan (bersama-sama). Hasil uji koefisien determinasi adalah sebesar 64,4% yang berarti bahwa variabel faktor lingkungan dan paparan informasi mempunyai pengaruh sebesar 64,4% terhadap keputusan penggunaan pinjaman online.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Ayu Lestari, D., Indra P, I. M., & Fathiyah Addini, F. (2024). Pengaruh Faktor Lingkungan dan Paparan Informasi terhadap Keputusan Penggunaan Pinjaman Online di Kalangan Remaja (Studi Kasus Mahasiswa Aktif STMA Trisakti). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2008–2018. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.2725