Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis PjBL dengan Nilai-Nilai Keindonesiaan untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Spiritual
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16509Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap sosial dan spiritual menggunakan video pembelajaran berbasis PjBL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian menurut ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling, populasi penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 3 Karang Anyar, sampel dalam penelitian ini adalah IVA sebagai kelas eksperimen yang akan dijadikan subjek uji coba dalam penelitian ini. Hasil penelitian meliputi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi produk telah memenuhi kriteria valid, pada segi materi menunjukkan rata-rata sebesar 0,928. Segi bahasa menunjukkan rata-rata sebesar 0,891. Segi media menunjukkan rata-rata sebesar 0,889. Kepraktisan produk dapat dilihat dari rata-rata persentase respon pendidik sebesar 94,01% dengan interpretasi sangat praktis, sedangkan respon peserta didik sebesar 92,59% dengan interpretasi sangat praktis. Efektivitas produk dapat dilihat berdasarkan perbandingan nilai yang terdapat pada hasil rekapitulasi instrument penilaian lembar observasi pegangan guru dan instrument penilaian self assessement di kelas eksperimen yang membuktikan peningkatan signifikan dalam meningkatkan sikap social dan spiritual peserta didik. Hasil penelitian membuktikan terjadinya peningkatan jika dibandingkan hasil rata-rata pre-test dan rata-rata post-test. Hal tersebut menyatakan bahwasannya video pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berhasil dalam meningkatkan sikap sosial dan spiritual peserta didik di kelas IV SDN 3 Karang Anyar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Winda Annisha Bertiliya, Risma Margaretha Sinaga, Bujang Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.