Peningkatan Kemampuan Literasi Melalui Program Kampus Mengajar Dengan Pemanfaatan Permainan Bahasa Pada Siswa SD Negeri Antasari 1 Kab Hulu Sungai Utara

Authors

  • Nida Urahmah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11713

Keywords:

literasi, kampus mengajar, pemamfaatan permainan bahasa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi melalui Program kampus Mengajar dengan Pemanfaatan Permainan Bahasa pada siswa SD Negeri  Antasari 1Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Negeri  Antasari 1 Kabupaten Hulu Sungai Utara yang  berjumlah 18  orang yakni empat laki-laki dan empat belas orang perempuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tes yakni melalui Pre-Tes dan Post-Tes AKM dan observasi dengan analisis data kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Permainan Bahasa dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 5 SD Negeri Antasari 1 Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hal tersebut terlihat dari peningkatan kemampuan literasi dasar siswa kelas 5 SD Negeri  Antasari 1. Pemanfaatan Permainan Bahasa dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 5 SD Negeri  Antasari 1 Kab. Hulu Sungai Utara. Hal tersebut terlihat dari peningkatan kemampuan literasi  membaca, menulis, berbicara dan menyimak siswa kelas 5 SD Negeri  Antasari 1 Kab.Hulu Sungai Utara. Pada Pre-test kemampuan membaca permulaan siswa SDN Antasari 1 Kab. Hulu Sungai Utara Adalah dari 18 siswa 1 orang yang mendapatkan nilai 9,5, 1 orang mendapatkan  nilai 80,  2 orang yang mendapatkan nilai 70, 2 orang yang mendapatkan nilai 60, 5 orang yang mendapatkan nilai 50, 5 orang yang mendapatkan nilai 50 dan 7 0rang yang mendapatkan nilai 40.  Berdasarkan  data tersebut  dapat disimpulkan hampir 80% siswa kelas 5 SD Negeri Antasari 1 masih rendah literasi khususnya membaca dan menyimak. Adapun kesulitan yang dihadapi masing-masing siswa tersebut berbeda-beda, dari dua puluh soal yag disajikan 11% siswa masih kesulitan menentukan teks fakta yang ada pada soal cerita tersebut, 28% siswa kesulitan mencari teks tersurat yang terapat di dalam soal yang disajikan dan 39% siswa kesulitan menyusun kesimpulan yang ada pada soal teks cerita. Tetapi dengan adannya program kampus mengajar menjadikan siswa lebih giat lagi dalam belajar.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Urahmah, N. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Melalui Program Kampus Mengajar Dengan Pemanfaatan Permainan Bahasa Pada Siswa SD Negeri Antasari 1 Kab Hulu Sungai Utara. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10648–10660. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11713