Penerapan Pewarnaan Graf dalam Penjadalan Kerja Menggunakan Algoritma Welch-Powell (Studi Kasus: Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam)

Authors

  • Rizki Khoiriah Harahap Universitas Negeri Medan
  • Nerli Khairani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9728

Abstract

Permasalahan penjadwalan sering terjadi di instansi yang bergerak dibidang pelayanan, salah satunya Rumah Sakit. Penyusunan jadwal yang dilakukan secara manual mengakibatkan sering terjadinya kesalahan. Kesalahan tersebut seperti terjadinya tumpang tindih jadwal antar perawat, sehingga ini menyebabkan kekosongan perawat dishift lain. Penjadwalan juga seharusnya dapat menyesuaikan terhadap keadaan yang tak terduga, seperti suatu keadaan pasien darurat yang membutuhkan perawat dengan suatu kriteria yang khusus. Sehingga, penjadwalan pada rumah sakit ini seharusnya memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan pada suatu ruangan untuk mengatasi keadaan darurat tersebut. Ini bertujuan untuk memberikan cara alternatif penyusunan jadwal yang menghindari terjadinya tumpang tindih jadwal antar perawat, dan memenuhi semua kriteria perawat yang dibutuhkan. Metode yang digunakan dengan teknik pewarnaan graf dengan menggunakan algoritma Welch-Powell. Hasil yang diperoleh dengan menerapkan algoritma Welch-Powell pada pewarnaan simpul pada graf menghasilkan penjadwalan perawat yang lebih  efisien dengan meminimalkan terjadi lagi tumpang tindih jadwal antar perawat, dan memastikan  kriteria yang dibutuhkan pada setiap ruangan sudah terpenuhi untuk menghadapi suatu keadaan yang tak terduga terjadi.

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Harahap, R. K., & Khairani, N. (2024). Penerapan Pewarnaan Graf dalam Penjadalan Kerja Menggunakan Algoritma Welch-Powell (Studi Kasus: Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 3358–3369. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9728