Media Sosial Sebagai Arena Sosial Mahasiswa (Studi Kasus Kesejahteraan Sosial Mahasiswa Melalui Instagram di Kota Pekanbaru)

Authors

  • Ledina Utari Universitas Riau
  • T.Romi Marnelly Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8347

Abstract

Putnam Robert Putnam terkenal sebagai pendukung modal sosial yaitu jaringan, kepercayaan dan norma. Kesejahteraan sosial  yang dialami mahasiswa dalam bentuk perasaan senang ataupun sedih karena biasa selalu aktif di media sosial Instagram baik sebagai brand ambassador, selebgram dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mahasiswa pengguna media sosial (instagram) mempunyai modal sosial yang lebih besar dan mahasiswa pengguna media sosial (instagram) mempunyai kesejahteraan sosial lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang menjadi selebgram yang dipilih dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analis interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian mahasiswa pengguna media sosial mempunyai modal sosial yaitu memiliki jaringan antar sesama baik mahasiswa maupun dengan orang lain, mahasiswa yang menjadi selebgram di media sosial instagram merupakan kelompok kepercayaan karena mahasiswa yang menjadi selebgram saling percaya dan menerapkan sikap terbuka satu sama lain yang menjadi cerminan dari sikap jujur. Norma yang ada pada mahasiswa yang menjadi selebgram adalah dengan membuatnya peraturan yang harus di patuhi oleh pembeli, kemudian pihak media sosial instagram juga membuat aturan yang harus ditaati oleh mahasiswa yang menjadi selebgram. Proses pengembangan dari sejarah sebelumnya yang digunakan sebagai panduan dalam menetapkan norma untuk mendukung kerjasama selanjutnya merupakan sumber dari semua aturan tersebut. Mahasiswa pengguna media sosial (instagram) mempunyai kesejahteraan sosial lebih tinggi dibanding mahasiswa yang tidak karena mahasiswa yang menggunakan Instagram memiliki pendapatan sendiri dengan menjadi endorse, jualan dan lain sebagainya.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Utari, L., & Marnelly, T. (2024). Media Sosial Sebagai Arena Sosial Mahasiswa (Studi Kasus Kesejahteraan Sosial Mahasiswa Melalui Instagram di Kota Pekanbaru). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 3873–3879. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8347