Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Pelanggan (Studi Kasus PT. Ekspedisi Pada Jaya Kota Tangerang)

Authors

  • Nurwidiyastuti Ahmad Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Mochammad Mirza Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Mad Yoman Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8111

Keywords:

Peran Customer Servis, Kualitas Pelayanan, Pelanggan

Abstract

PT. Ekspedisi Pada Jaya, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa, telah lama menyadari pentingnya peran customer service untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan. Kualitas pelayanan dinilai berdasarkan persepsi pelanggan terhadap layanan yang diterima. Customer service di PT. Ekspedisi Pada Jaya berfokus pada sikap positif, evaluasi, perhatian penuh, penampilan profesional, penanganan konflik, informasi real-time, dan pemahaman akan kebutuhan pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara, dilakukan dengan pihak customer service, pimpinan perusahaan dan pelanggan. Hasil pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diselenggarakan oleh customer service di PT. Ekspedisi Pada Jaya memiliki peran yang sangat penting dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan. Komunikasi yang efektif antara customer service dan pelanggan menjadi kunci utama untuk mencapai pemahaman dan hubungan yang baik. Customer service berperan sebagai perantara antara perusahaan dan pelanggan, terutama dalam hal layanan komunikasi.

 

Downloads

Published

2024-01-14

How to Cite

Ahmad, N., Mirza, M., & Yoman, M. (2024). Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Pelanggan (Studi Kasus PT. Ekspedisi Pada Jaya Kota Tangerang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2999–3007. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8111