Kejahatan Mayantara Berupa Tindak Pidana Perjudian Melalui Media Elektronik

Authors

  • Maretha Indri S Universitas Bandar Lampung
  • Anggun Sabrina Universitas Bandar Lampung
  • Bareta Miki Putri Universitas Bandar Lampung
  • Angely Gistaloka Universitas Bandar Lampung
  • Zainudin Hasan Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7851

Keywords:

Kejahatan Mayantara, Tindak Pidana, Judi Online

Abstract

Seiring dengan banyaknya dampak positifnya, pertumbuhan eksponensial teknologi informasi juga membawa beberapa efek samping yang tidak diinginkan, seperti menjamurnya perjudian online dan bentuk-bentuk kejahatan dunia maya lainnya. Sepanjang sejarah manusia, manusia memiliki kecenderungan untuk mengambil risiko yang diperhitungkan dengan harapan menang besar atau kecil. Kecenderungan untuk bermain game ini telah bertahan di semua kelas sosial ekonomi dan generasi. Karena itu, penting untuk mempelajari penyebab perjudian online serta langkah-langkah yang diambil untuk mengekang dan menghilangkan masalah ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dari penelitian kepustakaan diolah dan dianalisis dengan melihat sumber hukum primer dan sekunder, literatur yang ada, skirpsi, artikel, dan karya tulis lainnya. Faktor-faktor seperti ekonomi, penyalahgunaan internet, belajar atau coba-coba, persepsi tentang peluang menang, dan ketidaktahuan masyarakat tentang hukum, semuanya berkontribusi terhadap kriminalitas perjudian online. Upaya penegak hukum untuk memerangi kejahatan yang berkaitan dengan perjudian online, termasuk: Diterapkan oleh penegak hukum melalui tindakan proaktif dan reaktif

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Indri S, M., Sabrina , A., Putri , B. M., Gistaloka , A., & Hasan, Z. (2024). Kejahatan Mayantara Berupa Tindak Pidana Perjudian Melalui Media Elektronik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4409–4418. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7851

Most read articles by the same author(s)