The Effect of Wordwall Game on English Vocabulary Mastery of Grade Eight Students at SMP Tamansiswa Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16489Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari Permainan Wordwall terhadap penguasaan kosakata di antara siswa kelas delapan di SMP Taman Siswa Pematangsiantar untuk tahun ajaran 2024/2025. Menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan dua kelas: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi terdiri dari delapan kelas yang berjumlah 284 siswa, dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing terdiri dari 31 siswa. Kelas eksperimen adalah kelas VIII-A, sedangkan kelas kontrol adalah kelas VIII-C, yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen adalah 54,50, sedangkan nilai post-test meningkat menjadi 75,17. Pada kelas kontrol, rata-rata skor pre-test adalah 56,00, dengan skor post-test 73,97. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000, yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari Permainan Wordwall terhadap penguasaan kosakata. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (H0) ditolak, yang menegaskan bahwa Permainan Wordwall berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata di antara siswa kelas delapan.
Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Media, Wordwall
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Delfia Magdalena Sitompul, Bloner Sinurat, David Berthony Manalu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.