Improving Vocabulary Mastery of the Fifth-Grade Students of Elementary School by Using Gesture Game

Authors

  • Zahratul Fikni Hamzanwadi University
  • Hamzani Wathoni Hamzanwadi University
  • Munawarah Munawarah Hamzanwadi University

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13070

Abstract

Saat ini, permainan menjadi alat pengajaran paling populer untuk mempelajari kosakata bagi pelajar muda karena menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan isyarat dalam meningkatkan penguasaan kosakata di kelas lima MI NWDI Serijata. Pre-test dan post-test satu kelompok digunakan dalam desain pra-eksperimental untuk penelitian ini. Partisipannya adalah 25 siswa kelas V MI NWDI Serijata sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan pilihan ganda dan dianalisis menggunakan SPSS versi 22 for Windows. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test siswa adalah 40,64, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa adalah 72,64. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat sebelum dan sesudah perlakuan. Selanjutnya, Signifikansi Asimptotik (2-tailed) sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima karena nilai Asymp—signifikansi (2-tailed) < 0,05.  Hasilnya, penggunaan permainan isyarat untuk mengajarkan kosakata kepada siswa kelas lima di MI NWDI Serijata efektif dalam penguasaan kosakata siswa. Mempertimbangkan proses dan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan agar guru bahasa Inggris menerapkan strategi ini saat mengajar kosakata.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Fikni, Z., Wathoni, H., & Munawarah, M. (2024). Improving Vocabulary Mastery of the Fifth-Grade Students of Elementary School by Using Gesture Game. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 948–956. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13070