Eksperimentasi Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro

Authors

  • Ayis Crusma Fradani IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11792

Abstract

Alasan menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran karena cara penyajiannya yang unik dan menarik. Selain berusaha menjawab benar pada soal, siswa juga dilatih untuk berpikir dan mengingat dengan cepat sesuai dengan durasi waktu pada setiap soal yang diberikan kemudian siswa dengan skor tertinggi akan ditampilkan namanya pada setiap pergantian soal. Hal tersebut membuat siswa berkompetisi sesama siswa. Secara tidak langsung, tujuanya adalah mencoba menarik perhatian peserta didik untuk terus konsentrasi didalam kelas dengan cara yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi exsperimental dengan pola nonequivalent control group design. Dalam artikel  ini instrument penelitian yang digunakan adalah tes, Melalui tes tersebut peneliti dapat memperoleh data dan informasi tentang hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil akhir diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000 dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Sehingga 0,05 > 0,000 maka Ha diterima dan H0 ditolak. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran kahoot terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Fradani, A. C. (2024). Eksperimentasi Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10812–10821. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11792